Urbanist Brasil yang terkemuka, Jaime Lerner ( lahir 17 Desember 1937) meninggal dunia pada Kamis ini, 27 Mei, di usia 83 tahun. Menurut G1, Lerner telah dirawat di rumah sakit sejak 21 Mei di Rumah Sakit Universitário Evangélico Mackenzie, di Curitiba, setelah mengalami demam. Kematiannya dikarenakan komplikasi penyakit ginjal kronis.

Lerner mempelajari bidang Arsitektur di Universitas Federal Paraná (UFPR) dan lulus pada tahun 1964. Kemudian ia bekerja di Institut Penelitian dan Urbanisme Curitiba (Ippuc) pada tahun 1965. Jaime Lerner pernah dipilih oleh majalah Amerika Planetizen sebagai perencana kota paling berpengaruh kedua sepanjang masa, setelah Jane Jacobs. Lerner mulai dikenal luas karena ide inovatifnya dalam menerapkan sistem mobilitas perkotaan untuk kota Curitiba. Sistemnya ini disebut BRT (Bus Rapid Transportation), terdiri dari bus gandeng yang bepergian dengan talang eksklusif, dengan stasiun tarif prabayar berbentuk tabung, yang membuat pengoperasiannya jauh lebih cepat. Sistem ini memiliki efisiensi yang hampir sama dengan kereta bawah tanah, namun dengan biaya yang sangat rendah. Solusi tersebut telah diikuti oleh kota-kota di seluruh dunia, seperti Bogotá dan Rio de Janeiro. Selain itu, Lerner juga merancang taman, mengembangkan proyek perumahan dan perkotaan, dan menciptakan Rua XV (jalan khusus pejalan kaki pertama di Brasil) di pusat kota Curitiba. Selain karirnya di dunia arsitektur, Jaime Lerner adalah seorang mantan Gubernur Provinsi Parana, Brasil Selatan. Sebelumnya beliau juga menjabat sebagai Walikota Curitiba (ibu kota Provinsi Parana) selama 3 periode. 

Previous Post

Leave A Comment

At vero eos et accusamus et iusto odio digni goikussimos ducimus qui to bonfo blanditiis praese. Ntium voluum deleniti atque.

Melbourne, Australia
(Sat - Thursday)
(10am - 05 pm)

Tidak ada produk di keranjang.

Bantuan? Hubungi kami