Sudah pernah mendengar istilah mezzanine? Mezzanine adalah sebuah lantai tambahan tanpa sekat yang berada diantara lantai dan plafon, umumnya luas mezzanine tidak lebih dari sepertiga dari luas ruangan. Jarak antara lantai mezzanine dengan langit-langit ruangan lebih rendah dari ruangan biasanya.  Mezzanine berasal dari bahasa Italia yaitu mezzo yang memiliki arti tengah. Mezzanine juga dapat dikatakan seperti balkon didalam ruangan.

Sebelumnya, mezzanine banyak dipergunakan untuk pergudangan atau pabrik karena plafonnya yang tingggi. Sehingga jika membutuhkan ruang tambahan, lebih mudah membuat lantai mezzanine dengan konstruksi semi permanen sehingga lebih mudah dimodifikasi. Namun saat ini, mezzanine sudah banyak digunakan dirumah, kantor, kafe, apartemen, atau bangunan lainnya. Kamu juga bisa memanfaatkan lantai mezzanine di rumah kamu sebagai ruang tidur, ruang kerja, ruang bermain, atau ruang santai. Jika kamu  tertarik menambahkan lantai mezzanine diruanganmu, yuk kita simak terlebih dahulu beberapa inspirasinya.

1. Mezzanine Untuk Jembatan Antar Ruang

Selain untuk ruang tambahan, kamu bisa memanfaatkan mezzanine sebagai penghubung antar ruang di lantai yang sama. Dengan konsep seperti ini, akan memungkinkan rumahmu terlihat lebih unik dan luas namun tidak mengurangi fungsi dari setiap ruangnya.

Mezzanine sebagai penghubung ruang tidur dan teras
Image source: archdaily.com

Ruang tengah kamu akan makin terlihat kece dengan adanya jembatan kecil yang melintasi ruangan. Seperti Candelaria House yang berada di La Estrella, Columbia ini misalnya.

Image source: archdaily.com

Mezzanine dapat menjadi penghubung antara teras dan ruang tidur, sehingga ruang tidur tampak luas karena teras terkesan menjadi perpanjangan dari ruang tidur.

Image source: archdaily.com

2. Private Mezzanine

Jika yang kamu butuhkan adalah tambahan ruang privasi, kamu tetap bisa memanfaatkan mezzanine loh. Tambahkan partisi atau kaca sebagai pembatas lantai mezzanine dengan lantai bawahnya. Berikut beberapa cara agar mezzanine kamu lebih privat.

Mezzanine dengan partisi kaca
Image source: planete-deco.fr
Membuat dinding setengah tinggi
Image source: tinyliving.com
Menggunakan partisi kayu
Image source: design-milk.com
Menggunakan tirai
Image source: byronbeachabodes.com.au

 

3. Mezzanine dengan Konsep Terbuka

Mezzanine ini cocok untuk rumah kamu yang berada dilahan sempit. Cobalah mendesain ruangan dengan plafon yang lebih tinggi daripada biasanya dan tambahkan lantai mezzanine untuk fungsi ruang lain. Sehingga rumah mungil kamu akan tetap terlihat lebih luas namun memiliki banyak ruang. Pastikan juga, tangga akses ke lantai mezzanine kamu mudah dijangkau ya, sehingga kamu tetap bisa bebas berinteraksi dengan keluarga dirumah.

Mezzanine sebagai ruang santai
Image source: livinginashoebox.com
Perpustakaan dan ruang kerja di mezzanine
Image source: architecturaldigest.com
Memanfaatkan atas dapur sebagai ruang tidur
Image source: davincilifestyle.com
Previous Post
Newer Post

Leave A Comment

At vero eos et accusamus et iusto odio digni goikussimos ducimus qui to bonfo blanditiis praese. Ntium voluum deleniti atque.

Melbourne, Australia
(Sat - Thursday)
(10am - 05 pm)

Tidak ada produk di keranjang.

Bantuan? Hubungi kami