Seiring perkembangan jaman dan semakin sedikitnya lahan kosong yang tersedia di daerah perkotaan, membuat harga tanah akan semakin meningkat. Akhirnya banyak orang mengakalinya dengan membeli lahan sempit atau membeli perumahan tipe kecil untuk menekan biaya. Sehingga rumah yang didapatpun akan semakin terbatas luasnya. Hal ini tidak akan menjadi masalah bagi pasangan yang baru menikah atau seseorang yang tinggal sendiri. Jika kamu cermat dalam menata interior sebuah rumah, rumah sempit pun akan terasa luas dan lega. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar rumah kamu nyaman dan terasa luas untuk dihuni.

1. Gunakan jendela besar serta plafon dan tirai yang tinggi

Image source: Pinterest.com

Dengan adanya jendela yang besar dapat membuat sebuah rumah terlihat semakin luas dan lapang.  Menempatkan jendela besar menghadap ke ruang luar mampu memberikan kesan ruang yang berlanjut ke arah ruang luar. Selain itu, cahaya matahari dari luar mampu menerangi area dalam rumah. Sehingga memberikan kesan rumah yang kecil terlihat lebih luas, terang, dan terbuka. Apalagi ditambah dengan tirai dan gorden yang dipasang tinggi, akan membuat langit-langit terlihat lebih tinggi dan memberikan kesan yang lapang secara vertikal.

2. Kurangi sekat dan pintu

Image source: Pinterest.com

Jika rumah kamu mungil, cobalah mengurangi sekat antar ruang agar terlihat lebih luas. Cara ini bisa disebut dengan konsep open plan. Open Plan adalah konsep  membuat rumah mungil menjadi tampak luas dengan cara tidak menggunakan batas ruang seperti dinding dan pintu. Sebagai gantinya, kamu bisa membuat perbedaan ketinggian lantai atau rak untuk membedakan fungsi ruang. Jika memang harus memisahkan antar ruang, cobalah menggunakan partisi kaca.

3. Memasang Wall Mirror

Image source: Pinterest.com

Pernahkah kamu memperhatikan sebuah toko atau restoran menggunakan cermin di salah satu dindingnya? Itu adalah trik yang mereka gunakan agar ruangan mereka terlihat lebih luas dari aslinya. Selama berabad-abad memasang cermin adalah trik yang akan memberikan kesan luas pada ruang. Cobalah memasang cermin yang besar di salah satu dinding rumahmu. Atau kamu bisa mengkreasikan beberapa bingkai cermin menjadi beragam untuk mempercantik rumahmu. Agar rumah kamu lebih estetik, sesuaikan cermin dengan desain keseluruhan kamar tidurmu ya.

4. Gunakan warna yang cerah

Image source: Pinterest.com

Langkah akhir dalam mendesain sebuah rumah adalah memilih warna cat. Menggunakan warna cerah merupakan cara yang efektif untuk membuat ruang lebih lapang, lega, terang, dan bersih. Para ahli arsitek dan interior merekomendasikan warna cat putih dan warna cerah lainnya untuk diaplikasikan kedalam ruangan kecil. Sedangkan pengaplikasian cat warna gelap malah akan membuat ruangan semakin kecil. Itu karena cat warna gelap bersifat menyerap cahaya yang masuk kedalam rumah, sehingga rumah terlihat sempit dan suram.

Selain bisa menggunakan warna cerah, batasi jumlah warna yang akan dipadukan. Jangan lupa juga, untuk menggunakan hiasan dinding dan furniture dengan warna yang senada. Sehingga kamu akan mendapatkan ruangan yang luas dan lega. Tambahkan juga sedikit warna kontras agar tidak terlihat monoton.

6. Menggunakan Furniture Multifungsi

Image source: Pinterest.com

Jika kamu meletakkan kasur, lemari, meja dan kursi kedalam ruangan malah membuat rumah kamu terasa penuh dan sesak. Daripada itu, cobalah menggunakan kasur yang memiliki laci dibawahnya untuk menyimpan pakaian atau perlengkapan sebagai pengganti lemari. Atau bisa juga menggunakan kabinet multifungsi yang dapat digunakan sebagai meja, bangku dan lemari penyimpanan secara bersamaan.

Menggunakan furniture multifungsi dapat meringkas perabotan dan menghemat ruang pada rumah kamu. Pilihlah furniture yang sesuai dengan desain dan selera kamu ya. Saat ini furniture multifungsi sudah banyak dijual dipasaran dengan harga dan model yang bervariasi.

Previous Post
Newer Post

Leave A Comment

At vero eos et accusamus et iusto odio digni goikussimos ducimus qui to bonfo blanditiis praese. Ntium voluum deleniti atque.

Melbourne, Australia
(Sat - Thursday)
(10am - 05 pm)

Tidak ada produk di keranjang.

Bantuan? Hubungi kami